Friday, February 5, 2016

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .........................
Kelas/Semester     : VII/2
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
Aspek : Mendengarkan

9. Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara


·    Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber





·    Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber





·    Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam bebe­rapa kalimat singkat





KKM  KOMPETENSI DASAR 9.1.

9.2 Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara

·    Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawan­carai





·    Mampu menuliskan hal-hal  pen­ting yang dikemukakan narasumber dari suatu wawancara





KKM  KOMPETENSI DASAR 9.2.

KKM STANDAR KOMPETENSI 9

Aspek : Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon


10.1 Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai

·    Mampu mengemukakan identitas tokoh





·    Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat





·    Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh





KKM  KOMPETENSI DASAR 10.1.

10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

·    Mampu menulis materi bertelepon sesui konteks





·    Mampu bertelepon dengan ber­bagai mitra bicara sesuai dengan konteks






KKM  KOMPETENSI DASAR 10.2.

KKM STANDAR KOMPETENSI 10

Aspek : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai

11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif

·    Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh





·    Mampu mendata keistime­waan tokoh





·    Mampu mendata hal-hal yang dapat diteladani






KKM  KOMPETENSI DASAR 11.1.

11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca


·    Mampu menunjukkan letak kali­mat utama dalam suatu pa­ragraf pada teks bacaan





·    Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan





KKM  KOMPETENSI DASAR 11.2.

11. 3 Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram yang dibaca


·    Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram





·    Mampu menemukan makna/isi ta­bel/diagram





·    Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk uraian






KKM  KOMPETENSI DASAR 11.3.

KKM STANDAR KOMPETENSI 11

Aspek : Membaca
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung

·    Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung





·    Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi






KKM  KOMPETENSI DASAR 12.1

12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun

·    Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis





·    Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks






KKM  KOMPETENSI DASAR 12.2


KKM STANDAR KOMPETENSI 12

Aspek : Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
13.1 Menang-gapi cara pemba­caan puisi

·    Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi  pem­baca puisi





·    Mampu memberi tanggapan de­ngan alasan yang logis pemba­ca­an puisi yang didengar/disaksikan






KKM  KOMPETENSI DASAR 13.1

13. 2 Merefleksi isi puisi yang di­bacakan

·    Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat





·    Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi





·    Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa






KKM  KOMPETENSI DASAR 13.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 13

Aspek : Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1 Menangg-api cara pemba­caan cerpen


·    Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang dide­ngarkan





·    Mampu mengungkapkan lafal, in­tonasi, dan ekspresi pembaca cer­pen





·    Mampu menanggapi cara pem­ba­caan cerpen






KKM  KOMPETENSI DASAR 14.1

14.2 Menjelas-kan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial
·    Mampu mendata latar cerpen





·    Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini







KKM  KOMPETENSI DASAR 14.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 14

Aspek : Berbicara sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi

·    Mampu menandai penjedaan  dalam puisi yang akan dibacakan





·    Mampu membaca indah puisi






KKM  KOMPETENSI DASAR 15.1

15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an

·    Mampu menuliskan perilaku, ke­biasaan yang ada dalam buku ce­rita anak





·     Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.






KKM  KOMPETENSI DASAR 15.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 15

Aspek : Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1  Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam


·    Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam





·    Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik






KKM  KOMPETENSI DASAR 16.1

16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami

·    Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami





·    Mampu menulis puisi dengan pi­lihan kata yang tepat dan rima yang menarik






KKM  KOMPETENSI DASAR 16.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 16

KKM SEMESTER 2 (DUA)


Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :



Mengetahui,
Kepala ........................,



( ............................................. )
NIP/NIK :

.............., ...., ................ 20...
Guru Mapel Bahasa Indonesia



( ........................................)
NIP/NIK :




KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .........................
Kelas/Semester     : VII/2
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
Aspek : Mendengarkan

9. Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara


·    Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber





·    Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber





·    Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam bebe­rapa kalimat singkat





KKM  KOMPETENSI DASAR 9.1.

9.2 Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara

·    Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawan­carai





·    Mampu menuliskan hal-hal  pen­ting yang dikemukakan narasumber dari suatu wawancara





KKM  KOMPETENSI DASAR 9.2.

KKM STANDAR KOMPETENSI 9

Aspek : Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon


10.1 Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai

·    Mampu mengemukakan identitas tokoh





·    Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat





·    Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh





KKM  KOMPETENSI DASAR 10.1.

10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

·    Mampu menulis materi bertelepon sesui konteks





·    Mampu bertelepon dengan ber­bagai mitra bicara sesuai dengan konteks






KKM  KOMPETENSI DASAR 10.2.

KKM STANDAR KOMPETENSI 10

Aspek : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai

11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif

·    Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh





·    Mampu mendata keistime­waan tokoh





·    Mampu mendata hal-hal yang dapat diteladani






KKM  KOMPETENSI DASAR 11.1.

11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca


·    Mampu menunjukkan letak kali­mat utama dalam suatu pa­ragraf pada teks bacaan





·    Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan





KKM  KOMPETENSI DASAR 11.2.

11. 3 Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram yang dibaca


·    Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram





·    Mampu menemukan makna/isi ta­bel/diagram





·    Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk uraian






KKM  KOMPETENSI DASAR 11.3.

KKM STANDAR KOMPETENSI 11

Aspek : Membaca
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung

·    Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung





·    Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi






KKM  KOMPETENSI DASAR 12.1

12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun

·    Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis





·    Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks






KKM  KOMPETENSI DASAR 12.2


KKM STANDAR KOMPETENSI 12

Aspek : Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
13.1 Menang-gapi cara pemba­caan puisi

·    Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi  pem­baca puisi





·    Mampu memberi tanggapan de­ngan alasan yang logis pemba­ca­an puisi yang didengar/disaksikan






KKM  KOMPETENSI DASAR 13.1

13. 2 Merefleksi isi puisi yang di­bacakan

·    Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat





·    Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi





·    Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa






KKM  KOMPETENSI DASAR 13.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 13

Aspek : Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1 Menangg-api cara pemba­caan cerpen


·    Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang dide­ngarkan





·    Mampu mengungkapkan lafal, in­tonasi, dan ekspresi pembaca cer­pen





·    Mampu menanggapi cara pem­ba­caan cerpen






KKM  KOMPETENSI DASAR 14.1

14.2 Menjelas-kan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial
·    Mampu mendata latar cerpen





·    Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini







KKM  KOMPETENSI DASAR 14.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 14

Aspek : Berbicara sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi

·    Mampu menandai penjedaan  dalam puisi yang akan dibacakan





·    Mampu membaca indah puisi






KKM  KOMPETENSI DASAR 15.1

15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an

·    Mampu menuliskan perilaku, ke­biasaan yang ada dalam buku ce­rita anak





·     Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.






KKM  KOMPETENSI DASAR 15.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 15

Aspek : Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1  Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam


·    Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam





·    Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik






KKM  KOMPETENSI DASAR 16.1

16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami

·    Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami





·    Mampu menulis puisi dengan pi­lihan kata yang tepat dan rima yang menarik






KKM  KOMPETENSI DASAR 16.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 16

KKM SEMESTER 2 (DUA)


Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan  :



Mengetahui,
Kepala ........................,



( ............................................. )
NIP/NIK :

.............., ...., ................ 20...
Guru Mapel Bahasa Indonesia



( ........................................)
NIP/NIK :



No comments:

Post a Comment