KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .........................
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nilai KKM : ..............
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | KOMPLEKSITAS | DAYA DUKUNG | INTEKS SISWA | KKM | |
GURU | SARANA/ PRASARANA | ||||||
Aspek : Mendengarkan 9. Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara | 9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara | · Mampu mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan narasumber | | | | | |
· Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber | | | | | | ||
· Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 9.1. | | ||||||
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara | · Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawancarai | | | | | | |
· Mampu menuliskan hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dari suatu wawancara | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 9.2. | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 9 | | ||||||
Aspek : Berbicara 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon | 10.1 Mencerita-kan tokoh idola dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai | · Mampu mengemukakan identitas tokoh | | | | | |
· Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat | | | | | | ||
· Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 10.1. | | ||||||
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun | · Mampu menulis materi bertelepon sesui konteks | | | | | | |
· Mampu bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 10.2. | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 10 | | ||||||
Aspek : Membaca 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai | 11.1 Mengung-kapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif | · Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh | | | | | |
· Mampu mendata keistimewaan tokoh | | | | | | ||
· Mampu mendata hal-hal yang dapat diteladani | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 11.1. | | ||||||
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca | · Mampu menunjukkan letak kalimat utama dalam suatu paragraf pada teks bacaan | | | | | | |
· Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 11.2. | | ||||||
11. 3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca | · Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram | | | | | | |
· Mampu menemukan makna/isi tabel/diagram | | | | | | ||
· Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk uraian | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 11.3. | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 11 | | ||||||
Aspek : Membaca 12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat | 12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung | · Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung | | | | | |
· Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 12.1 | | ||||||
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun | · Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis | | | | | | |
· Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 12.2 | | | |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 12 | | ||||||
Aspek : Mendengarkan sastra 13. Memahami pembacaan puisi | 13.1 Menang-gapi cara pembacaan puisi | · Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi pembaca puisi | | | | | |
· Mampu memberi tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 13.1 | | ||||||
13. 2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan | · Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat | | | | | | |
· Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi | | | | | | ||
· Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 13.2 | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 13 | | ||||||
Aspek : Berbicara sastra 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen | 14.1 Menangg-api cara pembacaan cerpen | · Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang didengarkan | | | | | |
· Mampu mengungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen | | | | | | ||
· Mampu menanggapi cara pembacaan cerpen | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 14.1 | | ||||||
14.2 Menjelas-kan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial | · Mampu mendata latar cerpen | | | | | | |
· Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini | | | | | | ||
| KKM KOMPETENSI DASAR 14.2 | | |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 14 | | ||||||
Aspek : Berbicara sastra 15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak | 15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai denga isi puisi | · Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan | | | | | |
· Mampu membaca indah puisi | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 15.1 | | ||||||
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan | · Mampu menuliskan perilaku, kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak | | | | | | |
· Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak. | | | | | | ||
| KKM KOMPETENSI DASAR 15.2 | | |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 15 | | ||||||
Aspek : Menulis sastra 16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi | 16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam | · Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam | | | | | |
· Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 16.1 | | ||||||
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami | · Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami | | | | | | |
· Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 16.2 | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 16 | | ||||||
KKM SEMESTER 2 (DUA) | |
Catatan :
*) Diisi prosentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).
Catatan :
Mengetahui, Kepala ........................, ( ............................................. ) NIP/NIK : | | .............., ...., ................ 20... Guru Mapel Bahasa Indonesia ( ........................................) NIP/NIK : |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .........................
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nilai KKM : ..............
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | KOMPLEKSITAS | DAYA DUKUNG | INTEKS SISWA | KKM | |
GURU | SARANA/ PRASARANA | ||||||
Aspek : Mendengarkan 9. Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara | 9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara | · Mampu mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan narasumber | | | | | |
· Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber | | | | | | ||
· Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 9.1. | | ||||||
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara | · Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawancarai | | | | | | |
· Mampu menuliskan hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dari suatu wawancara | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 9.2. | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 9 | | ||||||
Aspek : Berbicara 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon | 10.1 Mencerita-kan tokoh idola dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai | · Mampu mengemukakan identitas tokoh | | | | | |
· Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat | | | | | | ||
· Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 10.1. | | ||||||
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun | · Mampu menulis materi bertelepon sesui konteks | | | | | | |
· Mampu bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 10.2. | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 10 | | ||||||
Aspek : Membaca 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai | 11.1 Mengung-kapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif | · Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh | | | | | |
· Mampu mendata keistimewaan tokoh | | | | | | ||
· Mampu mendata hal-hal yang dapat diteladani | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 11.1. | | ||||||
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca | · Mampu menunjukkan letak kalimat utama dalam suatu paragraf pada teks bacaan | | | | | | |
· Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 11.2. | | ||||||
11. 3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca | · Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram | | | | | | |
· Mampu menemukan makna/isi tabel/diagram | | | | | | ||
· Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk uraian | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 11.3. | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 11 | | ||||||
Aspek : Membaca 12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat | 12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung | · Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung | | | | | |
· Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 12.1 | | ||||||
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun | · Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis | | | | | | |
· Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 12.2 | | | |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 12 | | ||||||
Aspek : Mendengarkan sastra 13. Memahami pembacaan puisi | 13.1 Menang-gapi cara pembacaan puisi | · Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi pembaca puisi | | | | | |
· Mampu memberi tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 13.1 | | ||||||
13. 2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan | · Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat | | | | | | |
· Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi | | | | | | ||
· Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 13.2 | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 13 | | ||||||
Aspek : Berbicara sastra 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen | 14.1 Menangg-api cara pembacaan cerpen | · Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang didengarkan | | | | | |
· Mampu mengungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen | | | | | | ||
· Mampu menanggapi cara pembacaan cerpen | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 14.1 | | ||||||
14.2 Menjelas-kan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial | · Mampu mendata latar cerpen | | | | | | |
· Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini | | | | | | ||
| KKM KOMPETENSI DASAR 14.2 | | |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 14 | | ||||||
Aspek : Berbicara sastra 15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak | 15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai denga isi puisi | · Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan | | | | | |
· Mampu membaca indah puisi | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 15.1 | | ||||||
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan | · Mampu menuliskan perilaku, kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak | | | | | | |
· Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak. | | | | | | ||
| KKM KOMPETENSI DASAR 15.2 | | |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 15 | | ||||||
Aspek : Menulis sastra 16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi | 16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam | · Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam | | | | | |
· Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 16.1 | | ||||||
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami | · Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami | | | | | | |
· Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik | | | | | | ||
KKM KOMPETENSI DASAR 16.2 | | ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 16 | | ||||||
KKM SEMESTER 2 (DUA) | |
Catatan :
*) Diisi prosentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).
Catatan :
Mengetahui, Kepala ........................, ( ............................................. ) NIP/NIK : | | .............., ...., ................ 20... Guru Mapel Bahasa Indonesia ( ........................................) NIP/NIK : |
No comments:
Post a Comment