Friday, February 5, 2016

KISI–KISI INSTRUMEN PENILAIAN

Bahan Bacaan

KISI–KISI INSTRUMEN PENILAIAN
*Rusydi Ananda, M.Pd

Langkah awal sebelum membuat soal adalah membuat kisi-kisi instrument penilaian. Format kisi-kisi instrumen penilaian dapat berbeda antara berbagai jenis instrumen yang berbeda. Format kisi-kisi Skala Sikap bisajadi berbeda dengan format kisi-kisi Soal, dan berbeda pula dengan format kisi-kisi pembuatan lembar observasi atau chek list.
Kisi-kisi adalah rencana dasar pembuatan satu set atau  seperangkat instrumen penilaian. Satu kisi-kisi dibuat hanya untuk satu objek tertentu yang akan diukur, karena itu kita tidak dapat membuat kisi-kisi instrumen sekaligus untuk tiga ranah tujuan pembelajaran. Satu kisi-kisi dibuat hanya untuk satu dimensi, dan untuk satu tujuan tertentu.
Langkah-langkah membuat kisi-kisi instrumen penilaian.
1.   Tentukan tujuan membuat kisi-kisi, apakah kisi-kisi untuk membuat soal ujian semester, untuk mengukur sikap siswa, atau yang lain.
2.   Tentukan objek penilaian atau ruang lingkup materi yang akan diukur.
3.   Rumuskan indikator-indikator dari masing-masing aspek yang akan diukur (jika belum ada).
4.   Tentukan aspek-aspek yang akan dimuat pada kisi-kisi.
5.   Buat kisi-kisi instrumen, dengan jumlah butir instrumen  sesuai alokasi waktu yang tersedia

Sesudah penyusunan tabel spesifikasi kisii-kisis instrumen maka untuk memperolah seperangkat soal tes diperlukan dua langkah yaitu : (1) menentukan bentuk soal, dan (2) menuliskan soal-soal tes.
a. Menentukan bentuk soal.
Ada dua hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan bentuk soal yaitu:
1.    Waktu yang tersedia.
2.    Sifat materi yang diteskan.
Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan alokasi waktu tes adalah :
1.    Untuk tes formatif dari bahan diselesaikan dalam waktu 4-5 kali waktu pertemuan (45 menit) kira-kira memerlukan 15-20 menit, sedangkan untuk pelajaran memerlukan waktu lebih kurang 5-10 menit.
2.    Menyelesaikan soal bentuk objektif digunakan waktu yang diperlukan +½-1 menit untuk setiap butir tes.
3.    Untuk menyelesaikan soal bentuk uraian waktu yang diperlukan tergantung dari berapa lama siswa harus berfikir dan menulis jawaban.
b. Menuliskan  soal-soal tes
Langkah terakhir dari penyusunan tes adalah menuliskan soal-soal tes walaupun tempatnya tinggal satu langkah, akan tetapi langkah ini merupakan langkah paling penting karena kegagalan dalam hal ini dapat berakibat fatal. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
1. Bahasanya harus sederhana dan mudah difahami.
     2. Satu soal tidak boleh mengandung tafsiran ganda atau membingungkan.
     3. Cara  memenggal  kalimat  atau  meletakkan/menata  kata-kata  perlu  sekali
         diperhatikan agar tidak salah tafsir.
     4.Petunjuk mengerjakan.
          Guru yang baik akan selalu meningkatkan mutu tes yang digunakan. Oleh karena menyusun tes itu sukar maka mereka disarankan untuk mengumpulkan saran-saran tesnya, dan disertai dengan catatan mengenai soal-soal tersebut. Dengan cara demikian ini maka keterampilan guru dalam menyusun tes akan meningkatkan dan memperoleh mutu tes yang maksimal.

1.    Contoh Format Kisi-kisi Soal Pilihan ganda/uraian
Mata pelajaran              :
Kelas/Semester             :
Alokasi waktu               :
Jumlah Soal                  :
Bentuk Soal                  :

No.
Urt.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
No.Urut Soal
Bobot











2. Contoh Format Kisi-kisi Soal Unjuk Kerja Dengan Daftar Cek

Mata pelajaran              :
Kelas/Semester             :       
Alokasi waktu               :
Jumlah Soal                  :
     Standar kompetensi       :
     Kompetensi Dasar         : 

No
Aspek  Yang Dinilai
Skor


















3. Contoh Format Kisi-kisi Soal Unjuk Kerja Dengan Skala Rentang

Mata pelajaran              :
Kelas/Semester             :       
Alokasi waktu               :
Jumlah Soal                  :
     Standar kompetensi           :
     Kompetensi Dasar            : 

No
Aspek  Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
5












4. Contoh Format Kisi-kisi Penilaian Proyek

Mata pelajaran              :
Kelas/Semester             :       
Alokasi waktu               :
Jumlah Soal                  :
     Standar kompetensi       :
     Kompetensi Dasar          : 

No
Aspek  Yang Dinilai
Skor















5. Contoh Format Kisi-kisi Penilaia Produk

Mata pelajaran              :
Kelas/Semester             :       
Alokasi waktu               :
Jumlah Soal                  :
     Standar kompetensi       :
     Kompetensi Dasar         : 

No
Aspek  Yang Dinilai
Skor
























No comments:

Post a Comment